Toko Furnitur 'Made In' RI Pertama Buka di China

Written By Unknown on Tuesday, September 25, 2012 | 8:00 AM

Jakarta - Toko furnitur asal Indonesia pertama dibuka di Nanning, China. Toko Teak 123 milik pengusaha asal Indonesia yaitu Frans S. Pekasa ini siap bersaing di industri mebel China.

Dalam siaran pers Kementerian Perdagangan yang dikutip, Selasa (25/9/2012), Frans mengatakan pihaknya membuka cabang di Nanning, China karena provinsi otonom Guangxi itu merupakan wilayah yang sedang berkembang sehingga memiliki potensi tinggi dari sisi permintaan pasar.

Menurut Frans, keunggulan produk yang dijualnya antara lain tidak menggunakan bahan pewarna kayu dan bahan kimia yang tentu saja mendukung program Eco Green yang saat ini sedang gencar digalakkan oleh pemerintah Indonesia.

Pembukaan toko tersebut dibuka oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Gusmardi Bustami bersamaan dengan acara pemeran
The 9th China-ASEAN Expo (CAEXPO) di Nanning.

Dalam keterangannya, Gusmardi menyatakan, Indonesia ingin terus meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi dengan China.

"Harapan Indonesia pada forum ini (CAEXPO) untuk meningkatkan kegiatan bisnis dan menarik investasi China ke Indonesia karena investasi negara terebut tercatat sangat kecil di Indonesia (US$ 128,2 juta) dibandingkan dengan investasi China di ASEAN (US$ 5,9 miliar) pada 2011," ujar Gusmardi.

Wakil Presiden China Xi Jinping juga mengatakan, hubungan dagang dua arah antara China dan ASEAN telah berkembang amat pesat. Tercatat rata-rata pertumbuhan perdagangan China-ASEAN sebesar 20% per tahun.

Di masa awal pembangunan kerangka kerjasama antara China dan ASEAN, nilai perdagangan dua arah baru mencapai US$ 7 miliar dan pada 2011 nilai tersebut telah mencapai US$ 362,8 miliar.

Selain itu China-ASEAN juga telah menjadi mitra investasi utama secara timbal balik bagi kedua pihak. Arus investasi dua arah ini terus tumbuh dan pada Juli 2012 ini, investasi antara kedua belah pihak telah mendekati nilai US$ 100 miliar.

China adalah mitra ASEAN utama untuk perdagangan, investasi, dan kerjasama ekonomi. China menduduki peringkat pertama sebagai mitra dagang ASEAN dengan nilai yang meningkat sebesar 20,9%, dari US$ 232 miliar di 2010 menjadi US$ 280,4 miliar di 2011.

Sementara bagi China, ASEAN adalah mitra dagang ketiga terbesar. Meskipun dunia sedang mengalami perlambatan ekonomi, namun berdasarkan statistik ASEAN, arus penanaman modal dari China ke ASEAN meningkat secara signifikan 117%, yaitu dari US$ 2.7 miliar di 2010 menjadi US$ 5,9 miliar di 2011.

(dnl/dru)


Anda sedang membaca artikel tentang

Toko Furnitur 'Made In' RI Pertama Buka di China

Dengan url

http://michelleobamasdressstyle.blogspot.com/2012/09/toko-furnitur-made-in-ri-pertama-buka.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toko Furnitur 'Made In' RI Pertama Buka di China

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toko Furnitur 'Made In' RI Pertama Buka di China

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger