Naikkan Harga Premium Jadi Rp 6.000, Cara Paling Ampuh Tekan Subsidi

Written By Unknown on Thursday, September 13, 2012 | 8:00 AM

Jakarta - Wacana kenaikan harga BBM subsidi dari Rp 4.500 per liter saat ini menjadi Rp 6.000 per liter merupakan cara paling ampuh untuk menekan laju subsidi BBM.

"Harga dinaikan menjadi Rp 5.000-6.000 itu alternatif yang baik, setelah tidak ada alternatif lain," kata Pengamat Migas Kurtubi saat ditemui di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan Thamrin, Jakarta, Kamis (13/9/2012).

Dikatakan Kurtubi, wacana untuk membatasi penggunaan BBM subsidi untuk mobil 10 liter per hari tidaklah tepat. Menurut Kurtubi, ide pembatasan tersebut merupakan pemaksaan dan pemerintah sudah buntu berpikir.

"Tak efektif, itu memaksa dan hal ini jelas akan memicu keresahan sosial. Siapa yang harus bertanggung jawab jika terjadi keresahan sosial," ungkap Kutubi.

Kurtubi menambahkan, ide pemerintah membatasi konsumsi BBM subsidi untuk mobil akan mengganggu pertumbuhan ekonomi yang saat ini sedang tumbuh. Pemerintah seharusnya menghitung dengan cermat kuota yang berdasarkan pada kebutuhan nyata.

"Pertumbuhan ekonomi akan terganggu loh, makanya harus dihitung berdasarkan kebutuhan nyata," paparnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini mengatakan, harga BBM subsidi di Indonesia di Indonesia sudah seharusnya naik. Perbedaan harga BBM subsidi (Rp 4.500) dengan harga pertamax (Rp 9.500) membuat orang ogah pake BBM non subsidi.

Rudi mengatakan, harga BBM subsidi di Indonesia minimal harus dinaikkan hingga Rp 6.000 per liter. Harga BBM subsidi bisa dinaikkan bertahap atau dicicil Rp 500 per liter sampai mencapai Rp 6.000 per liter.

"Di dunia ini hanya belasan negara saja yang masih harga BBM-nya Rp 4.500. Ratusan negara lainnya sudah di atas. Di ASEAN saja, negara yang PDB-nya di bawah Indonesia seperti Thailand, Vietnam harga BBM sudah Rp 12.000-14.000. Indonesia ini sudah sekarang net importir juga mensubsidi tidak apa-apa tapi jangan jor-joran dari Rp 9.800 kok cuma Rp 4.500," kata Rudi.

(wij/dnl)


Anda sedang membaca artikel tentang

Naikkan Harga Premium Jadi Rp 6.000, Cara Paling Ampuh Tekan Subsidi

Dengan url

http://michelleobamasdressstyle.blogspot.com/2012/09/naikkan-harga-premium-jadi-rp-6000-cara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Naikkan Harga Premium Jadi Rp 6.000, Cara Paling Ampuh Tekan Subsidi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Naikkan Harga Premium Jadi Rp 6.000, Cara Paling Ampuh Tekan Subsidi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger