Incar 5 Miliar Barel Minyak, Chevron Kuras Sumur Tua di Riau

Written By Unknown on Friday, September 14, 2012 | 8:00 AM

Jakarta - PT Chevron Pacific Indonesia akan melakukan injeksi kimia surfactant di Lapangan Minas, Riau pada Oktober 2012. Ini untuk menyedot cadangan minyak yang tersisa di lapangan tersebut sekitar 4-5 miliar barel.

"Akan dilakukan ujicoba injeksi surfactant di lapangan Minas pada Oktober 2012 untuk mengangkat minyak lebih banyak lagi," kata Kepala Divisi Humas Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minya dan Gas Bumi (BP Migas) Hadi Prasetyo ketika ditemui di Kantor BP Migas Pusat, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Subfactant merupakan cairan kimia seperti sabun yang mengurangi kerekatan minyak pada bebatuan. Injeksi materi ini ke dalam sumur-sumur produksi diharapkan akan mampu mengangkat lebih banyak minyak dari lapangan Minas.

Menurut Hadi, uji injeksi tersebut bertujuan untuk mengincar sisa cadangan minyak Minas yang mencapai 4-5 miliar barel.

"Cadangan minyak di Minas mencapai 9 miliar barel dan sudah mengucur keluar sekitar 4,5 miliar barel," jelasnya.

Saat ini produksi minyak di Minas mencapai 178.000 barel per hari.

"Tetapi karena usianya yang sudah cukup tua, produksi minyak di lapangan Minas tidak bisa lagi mengandalkan cara-cara konvensional. Butuh teknologi enhanced oil recovery (EOR) untuk mengangkat lebih banyak minyak dari lapangan yang mulai berproduksi di 1962 ini," tandasnya.

Seperti diketahui, teknologi EOR yang sudah diterapkan dilapangan ini adalah water injection. Injeksi surfactant merupakan teknologi EOR lanjutan yang dikembangkan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan produksi dari lapangan ini.

Fasilitas injeksi surfactant di Minas sudah mulai dibangun semenjak empat tahun lalu. Semenjak awal desember, uji coba (commissioning) fasilitas ini dilakukan dan apabila proses ini berjalan sesuai rencana, uji coba injeksi surfactant ke dalam enam sumur akan dilakukan Oktober. Hasil ujicoba ini menjadi dasar untuk evaluasi penerapan teknologi ini pada skala yang lebih besar.

Proyek injeksi surfactant di Minas merupakan proyek injeksi surfactant terbesar di dunia saat ini. Selain injeksi surfactant, pada tahun ini, uji coba lapangan juga rencananya akan dilakukan pada proyek EOR Tanjung (PT Pertamina EP), dan Proyek EOR Kaji (PT Medco E&P Indonesia).

Proyek-proyek EOR ini adalah proyek jangka panjang yang membutuhkan waktu beberapa tahun untuk memberikan hasil yang signifikan pada peningkatan produksi minyak bumi.

(rrd/dnl)


Anda sedang membaca artikel tentang

Incar 5 Miliar Barel Minyak, Chevron Kuras Sumur Tua di Riau

Dengan url

http://michelleobamasdressstyle.blogspot.com/2012/09/incar-5-miliar-barel-minyak-chevron.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Incar 5 Miliar Barel Minyak, Chevron Kuras Sumur Tua di Riau

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Incar 5 Miliar Barel Minyak, Chevron Kuras Sumur Tua di Riau

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger