Hatta Pamer Kelas Menengah RI Terbesar di Asia Tenggara

Written By Unknown on Friday, September 21, 2012 | 8:00 AM

Jakarta - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mendapat undangan untuk memberikan pidato pada Gala Dinner USINDO di The Fairmont Hotel, Washington DC. Pada kesempatan tersebut Hatta menyampaikan kelas menengah penduduk Indonesia cukup berkembang pesat, menjadi penopang pertumbuhan ekonomi.

"Kelas menengah kami merupakan yang terbesar dan tercepat mengalami pertumbuhan di kawasan Asia Tenggara," ujar Hatta seperti dikutip detikFinance, Jumat (21/9/2012).

Menurut Hatta, pertumbuhan kelas menengah ditengarai sebagai salah satu pemutar roda perekonomian. Paling tidak konsumsi kelas menengah ini telah menyumbang 70% dari pertumbuhan ekonomi.

"Peningkatan jumlah kelas menengah di negara-negara berkembang telah membuat tren konsumsi dalam negeri meningkat. Hal ini secara bertahap akan menjadi sumber pertumbuhan global berkelanjutan," jelas Hatta.

Memang, negara-negara dengan populasi kelas menengah muda produktif cenderung memiliki tingkat konsumsi lebih tinggi ketimbang negara-negara dengan populasi berusia tua.
Jika dibandingkan negara-negara berkembang lain, pertumbuhan kelas menengah di Indonesia tergolong sangat cepat. Berdasarkan data Bank Dunia, tahun 2003 jumlah kelas menengah di Indonesia hanya sebesar 37,7%, tapi pada 2010 mencapai 134 juta jiwa atau 56,6%.

Dalam pidatonya di depan ratusan peserta USINDO, Hatta juga menekankan bahwa kinerja ekonomi Indonesia telah terbukti cukup tangguh. Indikasinya dapat dilihat saat krisis ekonomi global berlangsung, ekonomi Indonesia terus tumbuh dengan tren di atas 6,0% dalam tiga tahun terakhir.

"Kami memperkirakan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 6,5% pada tahun 2012 dan menjadi 6,8% pada tahun 2013," ujar Hatta.

Meskipun demikian, dalam pidato itu Hatta juga mengajak bangsa Indonesia untuk senantiasa waspada terhadap ancaman krisi global mengingat kesehatan ekonomi Indonesia juga tergantung pada kondisi ekonomi global.

"Karena itu kami berharap Eropa akan mampu menyelesaikan krisis ekonomi saat ini segera mungkin. Hal itu akan memberikan kontribusi bagi keseimbangan dan pertumbuhan berkelanjutan ekonomi global," katanya.

Selain menyinggung tentang ketahanan ekonomi Indonesia dan pentingnya kewaspadaan terhadap krisis global, Hatta juga mempromosikan MP3EI, pentingnya keadilan sosial hingga kuatnya kelas menengah kita.

Terkait MP3EI, Hatta menegaskan bahwa MP3EI merupakan perencanaan pembangunan ekonomi Indonesia masa depan.

"MP3EI mempunyai tiga strategi utama. Pertama, pengembangan potensi melalui enam koridor ekonomi yang dilakukan dengan cara mendorong investasi BUMN, sawasta nasional dan investasi langsung luar negeri dalam skala besar di 22 kegiatan ekonomi utama. Kedua, memperkuat konektifitas melalui sinkronisasi rencana aksi nasional untuk merevitalisasi sektor riil. Ketiga, pengembangan centre of excellence di setiap koridor ekonomi," papar Hatta.

Berbeda dengan perencanaan-perencanaan ekonomi di masa lalu, MP3EI berisi sejumlah terobosan aksi pengembangan aktifitas ekonomi yang konkrit. Dalam rentang waktu tahun 2011-2025 diperkirakan MP3EI akan menelan anggaran sebesar Rp 4.000 triliun.

Sementara mengenai keadilan sosial, Hatta membeberkan empat strategi (four track strategy) pembangunan ekonomi Indonesia di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono. Empat strategi itu adalah pro growth, pro job, pro poor, dan pro enviroment.

"Empat hal itu dijadikan sebagai acuan dasar dalam melakukan pembangunan ekonomi karena pemerintah ingin memastikan kedilan sosial benar-benar dapat terlaksana. Bangsa Indonesia memiliki kepercayaan kuat terhadap persoalan kedilan sosial. Keterbukaan ekonomi Indonesia bukanlah keterbukaan bebas tanpa batas. Dalam beberapa hal diperlukan peran pemerintah untuk memastikan agar setiap kegiatan pembangunan ekonomi memperhatikan kepentingan masyarakat luas, tidak hanya kepentingan investor," tegas Hatta.

USINDO sendiri merupakan organisasi masyarakat sipil yang berdiri pada tahun 1994. Misi dari komunitas Indonesia dan AS untuk memperluas saling pengertian di bidang politik, ekonomi, sejarah, budaya, dan untuk memperkuat hubungan bilateral. Kerjasama tersebut dilakukan dengan para pemimpin di organisasi pemerintah dan non-pemerintah, pendidik, media, bisnis, dan masyarakat umum.

(dru/dnl)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hatta Pamer Kelas Menengah RI Terbesar di Asia Tenggara

Dengan url

http://michelleobamasdressstyle.blogspot.com/2012/09/hatta-pamer-kelas-menengah-ri-terbesar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hatta Pamer Kelas Menengah RI Terbesar di Asia Tenggara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hatta Pamer Kelas Menengah RI Terbesar di Asia Tenggara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger