Anggaran Perjalanan Dinas Rp 21 Triliun, Pemerintah Janji Berhemat

Written By Unknown on Saturday, September 15, 2012 | 8:00 AM

Kediri - Meski berniat menghemat dan memangkas anggaran dinas yang tak perlu, namun tahun depan anggaran perjalanan dinas untuk PNS dan lembaga negara lain malah naik jadi Rp 21 triliun, dari Rp 18 triliun tahun ini.

Pemerintah, dikatakan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, berjanji untuk melakukan penghematan dan memilah-milah anggaran dinas yang tidak perlu.

"Memang kita ingin melakukan penghematan. Oleh sebab itu nanti akan ada pemilahan untuk melakukan penghematan. Kalau kita lihat memang anggaran itu (Rp 21 triliun), bukan anggaran pemerintah saja, tetapi seluruh anggaran negara lembaga dan sebagainya," tutur Hatta di sela kunjungannya ke pabrik rokok milik Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (15/9/2012).

Hatta menambahkan, akan ada langkah penghematan yang dilakukan masing-masing kementerian dan lembaga terkait dengan perjalanan dinas tersebut.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengakui, anggaran perjalanan dinas tahun depan mencapai Rp 21 triliun. Anggaran itu tak hanya untuk pemerintah pusat, melainkan lembaga-lembaga lain, termasuk DPR.

Mengenai rencana pengurangan anggaran, Agus Marto menyatakan perlu pembahasan terlebih dahulu dengan kementerian atau lembaga negara terkait.

"Rembuk dulu dengan kementerian/lembaga untuk membahas itu. Tapi kalau misalnya meyakinkan bahwa anggaran non operasional yang tidak utama untuk melakukan penghematan, itu selama tiga tahun terakhir ini sudah terus-terusan kita lakukan," kata Agus.

Pemerintah menganggarkan Rp 20,9 triliun untuk biaya perjalanan dinas PNS di 2011. Jumlah ini meningkat Rp 1,3 triliun (6,7%) dibandingkan 2010 yang sebesar Rp 19,6 triliun. Di 2013, pemerintah mengalokasikan biaya perjalanan dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Rp 21 triliun. Angka tersebut menunjukkan peningkatan Rp 3 triliun dibandingkan 2012 yang sebesar Rp 18 triliun.

(wij/dnl)


Anda sedang membaca artikel tentang

Anggaran Perjalanan Dinas Rp 21 Triliun, Pemerintah Janji Berhemat

Dengan url

http://michelleobamasdressstyle.blogspot.com/2012/09/anggaran-perjalanan-dinas-rp-21-triliun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Anggaran Perjalanan Dinas Rp 21 Triliun, Pemerintah Janji Berhemat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Anggaran Perjalanan Dinas Rp 21 Triliun, Pemerintah Janji Berhemat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger